Fun Rafting

PERSIAPAN

Pagi itu hujan membasahi kota jogja dengan mesra. Sedangkan aku duduk termenung dalam kamar kos terkantuk kantuk.

“Wah koq hujan ya? Rafting nya jadi ga ni ya?” ktku dalam hati.

Kulihat jam udah menunjukkan pukul 7 pagi. Aku sangat mengantuk sekali. Karena semalam ga tidur. Biasalah, malam minggu gituh😀 (cuman baca buku sm maen game ding). Kuambil pakaian dan perlengkapan mandi. Mandi pagi di pagi hari yang hujan dan dingin. Setelah itu kujejalkan pakaian ganti dan handuk ke dalam tas. Lalu berangkat ke kampus. Ya, hari ini aku mau rafting. Bukan mau kuliah. Yeaah, semangat membara walaupun mata semrepet😀

Ternyata hujan sudah terang. Dan.. yak sudah kuduga. Orang Indonesia emang moloooorrr. Masa jam 7 di jadwal, berangkat nya jam 8.30. Dan ternyata ada 4 orang bule ikut rafting juga. Pengen ngobrol, tp kok gak pede ya? hahahha.

BERANGKAT

Rafting nya di Sungai Elo, Magelang, deket candi mendut. Berangkat naek bis.. bis apa td ya?? Yah pokoknya bis angin cendela dah, yang penting bisa jalan walo tampang nya tak meyakinkan. Haha.

Aku ambil tempat duduk terdepan, sm Yudis. Menikmati pemandangan perjalanan sambil menyantap snack yang di bagikan oleh panitia. Hmm.. nikmat. Tapi aku lupa, bahwa kap mesin bis itu di depan, jadi semakin lama, bagian bawah ku semakin panas  (maksudnya bagian kaki itu lho).

Pemandangan tak begitu kunikmati. Karena setelah snack habis, langsung teler. Ngantuk banget. Sampai di Magelang kira kira jam 9 lebih lah. Di kawasan candi mendut. Kemudian ke basecamp, naruh barang2 jalan kaki. Sesampai nya di basecamp, istirahat bentar (klekaran). Lalu pembagian kelompok. Karena 1 kapal buat 6 orang. Aku sekelompok dengan.. sapa aja ya tadi? wakakkaa, bentar2.. Towi, Hanung, Satrio, Dea, Wulan.. (bener ga yo? kalo salah ya maap) hehe.

Akhirnya berangkat ke lokasi, naek angkot yang memang sudah di sewa dan di sediakan untuk mengantar para calon perafting.

Sampai di pinggir sungai, diberikan pengarahan oleh pemandu nya. Tentang cara duduk di perahu, cara memegang dayung, termasuk cara kalo kecebur sungai juga. Setelah memakai pelampung, helm, dan masing2 orang bawa 1 dayung, maka smua pada masuk ke kapal. Akhirnya di mulai lah rafting nya😀

RAFTING

Kira2 berangkat dari start jam 10an. Dikapal bertujuh, karena d tambah 1 skipper. Mas2 yg memandu untuk rafting d sungai nya, di bagian belakang kapal. Tugas nya selain memberikan pengarahan seperti pemandu tour, jg menyeimbangkan laju kapal. Karena kalo yg naik amatiran begini, karena kurang kompak mendayungnya, kapal nya g maju malah muter >_<.

Jarak yang di tempuh sepanjang 12 km. Di awal2, cuma sedikit lah yang basah. Paling di bagian celana. Suasana ceria ngobrol2 sambil semangat mendayung. Lalu kemudian “BYURR”, masnya skiper kapal lain menyemprotkan air pakai dayung nya ke kapal kita. Akhirnya jadilah perang air. Haha. Setelah itu kalo ada kapal yg lain di deket kapal kami, langusng deh perang air sampai di akhir rafting. Ternyata itu bukan sekedar mainan siram2an, tapi berfungsi kalau cuaca panas, dan perahu nya g terkena air, maka plester nya akan rusak, tetel gt kt masnya. Kemudian untuk menambah seru, kita boleh menarik temen d perahu lain, pakau kaitan di dayung. Jadi di kait kan di pelampung nya, kemudian di tarik biar nyebur ke sungai. Haha. Tapi pas di arus yang tenang, bukan pas yang deras.

Kami melewati jeram2 lumayan ganas, dengan penuh canda tawa dan jeritan di sana sini. Pemandangan nya juga lumayan. Ada orang memancing di pinggir sungai, ada pula yang mandi. Cowok cewek mandi lhoo!! Telanjang bulaaaaat! Tapi masih SD sayang nya. Hahahahah. Mas nya yang bilang kalo ada cowok cewek mandi. Ternyata.. masih untul bawang. Memberikan harapan palsu og pie, haha.

Setelah melewati banyak jeram yang seru, akhirnya sampai ke tempat peristirahatan. Tp ternyata g istirahat, langsung lanjut lagi. Ketika tiba di arus agak tenang, pada nyebur ke sungai. Ternyata dalam juga ya sungai itu. Kaki ku g nyampe dasar. Dan ternyata arusnya agak sedikit deras, aku terhanyut. Dan terdengar yang suara temen2 yang histeris. Aku tertawa, dan keputusan tertawa itu sedikit kusesali, karena membuat ku minum air sungai >_<“. Aku hanyut sampi ke pinggir. Ada kaya dinding2 batu gt. Akhirnya darah Ninja ku bergolak, saat nya shinobi Ryu beraksi. Kaki ku ke bagian dinding tembok itu. Jadi ky berjalan di tembok. Haha. Dan aku tertawa lagi, dan lagi2 minum air sungai. Hek. Dan karena arus nya akan menderas lagi, semuanya naik ke perahu kembali. Si Towi, bawa coklat silverqueen ternyata. Emang baik tu anak, coklatnya di bagi2 ber 6, di kapal itu. Mas nya di tawari coklat silverqueen g mau og pie. Mungkin kl maem coklat jadi lemah ya? kKy di pilem2, haha.

Setelah melewati beberapa jeram, arus kembali tenang. Lalu mas nya nyuruh semua dberdiri di pinggir kapal, bentuk melingkar sm pegangan tangan. Namanya.. apa mbuh lah, lupa aku. Haha. Yang jelas setelah pada berdiri, masnya ndayung muter kapalnya. Gek liyut2 kae. Akhirnya aku merasa akan jatuh, k sungai kehilangan keseimbangan. Kutarik kuat2 temen yang di samping ku untuk ikut jatuh, haha. Gak mau dong cuman jatuh k sungai sendirian😀

Akhirnya setelah melewati beberapa jeram lagi, sampai jua di finish. Kira2 jam 1an siang. Jadi total perjalanan menyusur sungai kira2 3jam an. Fiuh alhamdulillah. Tak terjadi hal yang tak di inginkan (kecuali nelen air sungai tadi). Setelah itu dengan berbasah basah, pada masuk angkot lagi. Pulang ke basecamp.

AFTER RAFTING

Semua terlihat lemaz tapi puas. Hehe. Pada mw mandi besar itu😀. Ya, ngantri mandi. Gek kamar mandi ne cuman 3, orang nya banyak. Mana yang cewek2 itu mandi nya 1 jam. Ladis first, tp yo mbok yao ojo suwe2 sing adus. Dasar perawan. Padahal kita2 yang cowok, cuman butuh bilas aja. Mandi yg bersihnya ntar d kosan aja. Huhu. Akhirnya krn ga sabar, aku sama Yudis ke masjid deket situ. Skalian mw sholat dzuhur.

Setelah kira2 berjalan 100 meter dan tanya2 sm ibuk2, akhirnya sampai jg di mesji nya. Bagus juga lho masjidnya, walopun di desa2 begitu. Mungkin karena dekat sm lokasi untuk rafting, jadi bnyk pengunjung ya. Lalu kami tanya2 sm bapak2 di masjidnya itu, minta ijin untuk bilas sama sholat.

“Wah mboten wonten kamar mandi mas, wonten e WC. Niku ten mriko” (wah gak ada kamar mandi mas, adanya WC. Itu di sana), kata bapaknya.

“Oh nggih pak, matur nuwun” (oh iya pak, terima kasih), kata ku. *ini pura2 nya biar keren ku kasih terjemahan gitu. Haha.

Lalu kami berdua ke sisi kanan masjid. Di situ ada sebuah kolam gt. Dan… Arrrrrrrrghhh!! Tidaaaaaaaaaakkk!!! Mataku butaaaaaa!!! Aku melihat ular medusaaaa!! Medusa yang sudah tuaaa!! bruakakkakakakak, ngakak asli😀

MasyaAllah, ternyata di kolam nya itu ada 2 bapak2 sedang mandi. Gek bludusan tanpa sehelai kain pun. Huhu. Aku sm si Yudis cman senyum2. Di kolam nya itu ada ikan2 nya. Ky ikan koi panjang sekitar 8cm, warna oranye tu lho (mbuh ikan opo namanya). Gek airnya tu keruh gt. Apa ya ndak malah gatel to mandi di ky gt. Gak habis pikir deh.

Model masjidnya itu ky masjid2 jaman dulu. Ada kolam, untuk biar kakinya bersih tu lho kalo mw masuk masjid. Kolam nya itu terhubung sm kolam tempat bapak nya mandi td. Huhu.

Setelah bilas, kemudian wudhu dan sholat dzuhur berjamaah berdua.

PENANTIAN dan PULANG

Sehabis sholat, kami berdua kembali ke basecamp. Ternyata hidangan udah siap. Udah pada mulai makan. Hmm.. lumayan nih. Prasmanan je. Aku suka aku suka😀. Lauknya ada sambel goreng tahu, ayam bakar, sm sayur. Langsung sikat gaan!! Haha, laper beraat. Wuh mantab.

Setelah makan, pada kongko2 di luar ruangan. Ada pula yg di dalam ruangn. Nunggu kepulangan. Ternyata ada yg masih rafting, panitia nya. Mulai nya terakhir gt. Lalu tiba2 turun hujan. Menambah suasana yang eksotik (halah). Bener deh, suasana tidur yang nyaman. Huhu, capek, kenyang, suasan sejuk pula karena hujan. Pas tenan.

Setelah menunggu agak lama, para panitia datang juga. Dan ternyata mreka mw makan sm mandi dulu jg. “wah lama nih mesti”, pikir ku. Lalu aku mencari tempat yg bs buat rebahan. Di dalam ruangan, ternyata udah penuuh orang. Di luar jg penuh. Rame pula. Akhirnya di samping ruang makan itu, ada mushola kecil, ada kursi panjang nya jg. Wah cocok nih buat rebahan bentar. Ada tas2 d stu ku jadikan bantal. Yah mengingat semalam belum tidur, cuman tidur2 ayam di bis pas berangkat td, dan stamina sudah terkuras, maka terlelap lah sang pangeran d kursi panjang itu..

“Hmm” aku terbangun dari tidur. Alhamdulillah, badan terasa lebih enak, walaupun agak pusing. Lalu indra pendengarku merasakan ada yang aneh “Koq sepi?” Astaghfirulloh, aku langsung bangun. Kulihat sandal2 sudah lenyap. Dan ternyata benar.. aku di tinggal rombongan, oh tidaaaaaaaaaaaaaaaaaakk!! >_<” (kepada Yudis, Towi, Rahma, Dani dan Dea, gek aku di lupakan i to, hiks pdhl tas ku ya ada itu di ruang makan). Tak ada yang tau bahwa sang pangeran tertidur di situ. huhu

Tp untungnya masih ada panitia. Panitia nya jg memfasilitasi anak biologi yang memang rutin rafting di situ. Katanya sih ikut lomba jg. Setelah itu, aku di anter sm mas nya panitia naik motor sampai pinggir jalan gede. Nyegat bis Semarang-Magelang-Jogja. Di dalam bis alhamdulillah dapet tempat duduk. Aku duduk samibl liyer2 ngantuk. Dengan semilir angin dan suara deru kendaraan bermotor membuat suasana tambah cocok untuk tidur. Kira2 jam 5 sore lebih, sampai di terminal Jombor, Yogyakarta. Aku yang lama gak naik bis, lupa e bayar nya bis gimana dan pas kapan. Kondektur nya juga gak nagih pula. Ya sudah aku turun dengan wajah tak berdosa itu. Jadi gratisan deh naik bis dari Magelang ke Jogja. Haha😀

Turun dari bis, krn bingung gak tau jalur, mw naek transjogja koq gak ada haltenya. Akhirnya naek ojek. Setelah eyel2an nyang2an, akhirnya dapet 13rb, dari terminal Jombor ke FEB UGM. Cuman turun 2 rb, dari 15 rb. Krn emang tarif nya segitu sih.

Setelah ngambil helm sm kunci motor yg dititipkan di sekre PALMAE, lansung deh pulang ke kos. Alhamdulillah sampai kos pas adzan maghrib. Walopun kepala cekot2, tapi hati senang dan puas. Lumayan lah buat cerita anak cucu😀

Yogyakarta, 26 April 2010. Pukul 1.20 AM.

7 responses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s